Minggu, 10 Agustus 2008

Vanda tricolor var. suavis

Dari Sukabumi (1):



Dari Sukabumi (2):




Dari Bali:


Family : Orchidaceae
Subfamily : Higher Epidendroideae
Tribe : Vandeae
Subtribe : Sarcanthinae
Alliance : Vanda
Genera : Vanda
Species : Vanda tricolor var suavis [Lindl.] Veitch
Synonym : Vanda tricolor Lindl. 1847; Vanda suavis Lindl. 1848; Vanda tricolor Hook 1849

Habitat :
  • Jawa dan Bali
  • Tumbuh di tanah humus atau pepohonan di dataran rendah sampai dataran tinggi
  • Terdapat tiga varian: suavis, tricolor dan pallida; dengan corak dan warna bunga yang sangat beragam
Ciri fisik :
  • Batang gilig beruas-ruas tertutup daun pada bagian atas, bagian bawah yang tidak tertutup daun banyak tumbuh akar yang besar.
  • Daun berbentuk v, agak tebal, lebar dan agak kaku, panjang 30-60 cm atau lebih (tergantung tempat tumbuh).
  • Tandan bunga muncul dari batang yang berdaun di sela-sela ruas antar daun dengan panjang bisa mencapai 30 cm lebih. Dari tandan bunga dapat muncul 5-12 bunga. Bunganya mempunyai banyak ragam warna, dengan warna dasar putih atau kuning, varian totol coraknya bermacam-macam, begitu juga warna lidahnya beraneka ragam, tergantung dari mana asal habitatnya.
Perawatan :
  • Sangat mudah, cukup ditempatkan di tempat yang terbuka, dan usahakan untuk terkena sinar matahari pagi-siang langsung untuk merangsang pertumbuhan dan pembungaan. Bentuk daun 'V' adalah ciri terhadap kebutuhan sinar matahari yang cukup tinggi!
  • Tempatkan pada media yang mempunyai porositas dan tingkat aerasi udara yang baik, bisa ditempelkan pada pakis atau batang pakis, pot khusus vanda (tetapi harus diberi sedikit media untuk menjaga kelembaban tanaman) atau ditempelkan pada batang pohon. Usahakan akarnya dapat bergerak bebas! Salah satu ciri vanda yang sehat (telah beradaptasi dengan baik) adalah akarnya yang sehat (warna putih dengan ujung akar berwarna hijau atau coklat) dan daun-daun mudanya tampak segar.
  • Penyiraman bisa sering dilakukan, tergantung cuaca. Apabila cuaca sangat panas bisa dilakukan 3-4 kali penyiraman, saat hujan cukup 1 kali sehari saja. Tetapi, perlu diperhatikan, semua jenis vanda memerlukan fase kering selama beberapa jam sehari!
  • Pemupukan dapat sering dilakukan (2-3 kali seminggu) dengan dosis yang diencerkan dari biasanya. Siram larutan pupuk ke bagian bawah daun saat stomata (mulut daun) terbuka (saat sore hingga pagi). Sebaiknya disiram larutan pupuk pagi sebelum jam 7 atau sore antara jam 3-5, supaya pada malam hari tanaman tetap dalam keadaan kering (untuk menghindari busuk)

Tidak ada komentar:

 
Copyright © Kelwa2n 2009
Site Meter