Kamis, 05 Juni 2008

Dendrobium anosmum


Dendrobium anosmum Kep. Maluku dan Papua

Dendrobium anosmum Kalimantan

Dendrobium anosmum var. huttonii, Papua


Family : Orchidaceae
Subfamily : Epidendroideae
Tribe : Podochilaeae
Subtribe : Dendrobiinae
Genus : Dendrobium
Section : Spatulata
Species : Dendrobium anosmum Lindley 1845
Synonym : Dendrobium superbum Rchb.f 1864;
Dendrobium superbum var. huttonii Rchb.f 1869; Callista anosma O.Ktze.1891

Salah satu pohon yang asalnya dari Kalimantan Tengah ini, dapat dari nitip ama temen saya yg ada di sana. Waktu dapet dari dia kondisinya merana banget, karena salah packing and kelamaan, jadi pada kering semua. Akhirnya saya rendem pake B1 + fungisida Score (gak promosi lho!). Beberapa minggu kemudian mulai numbuh anakan baru, baik dari keiki maupun dari pangkal bulbnya. Setelah hampir 6 bulan lebih akhirnya muncul kembang dari bulb lama, saya kaget juga, karena awalnya saya kira adalah keiki, istri saya yang pertama kali lihat.

Bunganya wangi, mirip dengan anosmum yang lain cuma agak lebih putih. Tersebar di seluruh asia, bisa hidup di mana saja, sudah sangat umum di Indonesia. Ada 3 varietas: anosmum, anosmum var. alba, dan anosmum var. huttonii. Huttonii sendiri ada dua: ada yang labelum tengahnya merah dan ada yang labelum tengahnya ungu, tergantung daerahnya. Di tempat dingin cenderung lebih besar dan wangi.

Tidak ada komentar:

 
Copyright © Kelwa2n 2009
Site Meter