Selasa, 03 Juni 2008

Dendrobium mimiense

Family : Orchidaceae
Subfamily : Epidendroideae
Tribe : Podochilaeae
Subtribe : Dendrobiinae
Genus : Dendrobium
Section : Pedilonum
Species : Dendrobium mimiense Schltr. 1912


Dendrobium ini saya peroleh waktu jalan-jalan ke Manokwari kira-kira 4 tahun yang lalu. Saya tertarik karena bentuknya kecil dan kayaknya unik karena semua bulbnya kecil-kecil, paling panjang 5 cm. Waktu itu yang jual belum tahu seperti apa bunganya. Setibanya di rumah, saya pindahkan ke pot pakis dengan harapan pohonnya nanti jadi besar. Perkiraan saya waktu itu kalo ga anakan secundum atau capituliflorum, karena warna daunnya hijau gelap dan bergaris-garis.

Setelah lebih dari 4 tahun dipelihara saya kira d. capituliflorum, karena ciri fisiknya hampir sama, tapi kenapa tidak kunjung besar, paling panjang bulbnya cuma 8 cm. Sempat rada bingung juga soalnya takut pohonnya bermasalah. Setelah diperhatikan daun, batang dan akarnya bagus dan tidak bermasalah. Akhirnya saya diamkan saja, cuma dirawat biasa, disiram, dipupuk, & fungisida rutin.

Enam minggu yang lalu, saat tanpa disengaja pohon saya tempatkan di sinar matahari tanpa pelindung, dari bulb-bulb yang lama keluar semacam tunas, saya kira tunas biasa karena sering saya siram B1. Tetapi lama kelamaan tunas itu menggelembung dan akhirnya keluar bunga. Awalnya saya kira d. capituliiflorum karena dilihat dari bunganya. Tetapi tanpa sengaja waktu saya browsing mengenai d. capituliflorum saya temukan artikel tentang d. capituliflorum tapi dwarf. Namanya Dendrobium mimiense.

1 komentar:

Petrus Kurniawan's Orchids mengatakan...

bedanya dimana pak selain di pohonnya

 
Copyright © Kelwa2n 2009
Site Meter